fbpx

3 Jenis Toko Dropshipper

3 Jenis Toko Dropshipper

Banyak pemula yang ingin memulai bisnis online dengan berjualan sebagai dropshipper, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui jenis-jenis toko dropshipper. Di artikel kali ini saya akan sharing 3 Jenis Toko Dropshipper yang ada di market. Jenis toko erat kaitannya dengan strategi yang akan dijalankan nantinya. Strategi tersebut mencakup cara mendatangkan traffic ataupun promosi yang akan dilakukan.

3 Jenis Toko Dropshipper : One Product Store

Sesuai dengan penamaannya “One Product Store” artinya toko ini hanya menjual satu jenis produk saja. Cara penjualan ini sangat memanfaatkan funneling yaitu customer perlu diyakinkan terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk. Berikut adalah contoh one product store, https://pawproo.com.

One product store biasanya dilakukan untuk produk yang pembelinya perlu diyakinkan terlebih dahulu. Contoh website yang saya berikan menjual Reusable Dog Pee Pad atau matras tempat anak anjing pipis atau bisa juga digunakan untuk anjing yang sudah tua atau memiliki gangguan pada kandung kemih yang bisa digunakan berulang-ulang.

Pemilik toko melakukan edukasi bahwa menggunakan matras reusable akan jauh lebih bermanfaat, tidak bocor dan tidak menimbulkan sampah bagi dunia.

Kelebihan dari one product store adalah lebih terfokus dan pembeli bisa diarahkan atau diyakinkan untuk membeli barang tersebut. Selain itu dari sisi budget iklan jauh lebih murah karena kita hanya mengiklankan satu jenis product saja.

Kekurangan dari one product store adalah kita harus yakin bahwa produk yang kita jual benar-benar bagus dan bukan produk musiman. Sehingga penjualan akan terjadi secara terus menerus, jika tidak maka penjualan tidak akan terjadi.

Dari 3 jenis toko dropshipper, one product store adalah jenis yang saya rekomendasikan untuk kamu coba pertama kali. Selain karena setup toko atau website mudah, sebagai dropshipper risiko untuk rugi kecil, apabila produk tidak laku terjual kita bisa dengan segera mencoba produk yang lain. Dropshipper akan mulai belajar bagaimana membangun funnel yang dapat menyakinkan pembeli dan cara beriklan.

Baca juga : Cara mencari produk yang sedang trend.

Niche Store

3 Jenis Toko Dropshipper - Image I

Niche store adalah toko yang secara khusu menjual barang-barang di sebuah niche tertentu. Niche adalah menargetkan suatu market atau jenis kelompok tertentu contoh produk-produk perawatan hewan. Apakah hal tersebut bisa dikategorikan sebagai niche? Menurut saya masih terlalu luas, contoh toko niche apabila hanya menjual alat-alat perawatan kucing atau anjing. Hal tersebut baru bisa dibilang niche store.

Barang-barang yang bisa dijual di toko perawatan kucing ini antara lain:

  • Makanan kucing.
  • Shampo kucing.
  • Obat kutu kucing.
  • Vitamin dan nutrisi kucing.
  • Alat pembersih bulu kucing.
  • Tempat tidur kucing
  • Rumah kucing
  • dsb

Dari 3 jenis toko dropshipper, saya merekomendasikan niche store apabila kamu sudah pernah berjualan sebelumnya dan faktor yang paling penting kamu menguasai niche tersebut. Jangan sampai kamu menjual barang-barang di sebuah toko niche namun tidak bisa menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

General Store

Sesuai namanya general store, toko ini menjual berbagai jenis barang atau dengan istilah lain “palu gada”. Tidak ada barang atau niche spesifik yang dijual di toko ini. Biasanya jenis penjual di toko ini lebih menjual kepada barang-barang yang sedang trend. Contoh karena saat ini kita sedang menghadapi wabah virus corona/covid-19 penjual menjual masker, alat perlindungan diri (apd), hand sanitizer.

Dari 3 jenis toko dropshipper, saya tidak merekomendasikan jenis toko ini. Selain dari sisi branding tidak bagus dan tidak bisa ditonjolkan, kamu juga membutuhkan budget iklan yang sangat besar karena harus menjual berbagai macam barang.

Namun general store juga memiliki kelebihan, karena menjangkau audience yang banyak jumlah penjualan juga mungkin lebih besar di awal-awal. Karena, general store tidak membutuhkan branding, jika mau menjual barang-barang kebutuhan dasar seperti beras, sabun, shampoo dimana sudah memiliki merk dan orang awam sudah mengenal brand tersebut maka general store ini cocok digunakan.

Baca: Cara jualan di shopee sebagai dropshipper.

Demikian artikel 3 jenis toko dropshipper, pilihlah jenis toko yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Kondisi yang saya maksud adalah pengetahuan kamu tentang sebuah niche, besarnya budget iklan yang kamu miliki dan supplier yang sudah kamu temukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *