fbpx

3 Rahasia Sukses di Facebook Ads

Featured Image - 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads

Di artikel kali ini saya akan membagikan 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads. Facebook Ads adalah salah satu tools yang sangat baik dan dapat menghasilkan hasil yang luar biasa apabila tepat digunakan. Sayangnya, banyak pebisnis online yang masih belum dapat menggunakan Facebook Ads secara maksimal. Mereka cenderung tidak dapat merumuskan target audience yang benar, membuat creative iklan yang menarik dan cepat menyerah jika boncos.

Di artikel ini saya akan menjelaskan secara detail 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut saya yakin performa iklan Anda di Facebook akan membaik.

3 Rahasia Sukses di Facebook Ads : Tentukan Target Audience Secara Tepat

Banyak kesalah pemula yang beriklan di facebook ads adalah mereka menentukan target audience secara dangkal. Target Audience bukan sekedar demografis (jenis kelamin, usia, lokasi tempat tinggal), jika kalian menentukan target audience hanya berdasarkan demografis maka selamat Anda akan membuat Mark Zuckerberg semakin kaya dan Anda semakin boncos hehe.

Image-I-3-Rahasia-Sukses-di-Facebook-Ads

Berdasarkan definisi target audience adalah sekelompok orang-orang yang merespon dengan sangat baik terhadap penawaran terhadap sebuah produk atau jasa dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Facebook memiliki fitur yang sangat membantu pebisnis online dalam menemukan target audience yang tepat yaitu : Facebook Audience Insight. Kamu perlu memiliki akun Facebook Business untuk mengakses fitur ini. Jika kamu belum memiliki akun bisnis di Facebook saya sarankan kamu membuatnya terlebih dahulu, karena dalam menemukan target audience yang tepat kita akan menggunakan fitur ini.

Jika kamu sudah memiliki akun bisnis di Facebook mari kita mulai menemukan target audience yang cocok untuk niche kita. Contoh kasus seperti ini : katakanlah saya bermain di niche golf dan saya ingin menjual kursus online yang menjual teknik-teknis bermain golf seperti profesional untuk pemula di Indonesia. Secara otomatis otak kita akan berpikir target audience yang tepat adalah orang-orang yang memiliki interest di Facebook sebagai berikut:

  • Dari demografis karena golf termasuk olahraga yang mahal maka saya beranggapan orang-orang di atas 25 tahun yang mampu bermain golf. Kedua mayoritas pasti laki-laki, untuk lokasi saya tidak menentukan karena pasti yang menyukai golf bisa dimana saja dan tentu saja harus menyukai olahraga golf. Maka saya akan melihat hasil seperti ini di Facebook Audience Insight:
Image-II-3-Rahasia-Sukses-di-Facebook-Ads
TARGET AUDIENCE SECARA DEMOGRAFIS

Dari data di atas kita dapatkan ada 2.5-3 Juta laki-laki di Indonesia yang menyukai olahraga Golf dimana mayoritas (54%) berada di usia 25-34 tahun. Bagaimana menurut Anda melihat data ini? Apa yang bisa Anda simpulkan melihat data secara demografis seperti ini?

Berikut menurut analisa saya:

  • 54% di usia 25-34 tahun bisa jadi kumpulan orang yang menyukai Golf namun belum tentu mereka bermain golf apalagi membeli kursus online maupun peralatan golf. Karena kelompok usia ini mayoritas baru memiliki penghasilan dan belum tentu semuanya mampu untuk membeli hal-hal yang dibutuhkan untuk bermain golf. Seperti yang saya katakan di awal tadi, golf adalah olahraga yang cukup mahal dibandingkan olahraga lain.
  • Kelompok usia di atas 35 tahun (37%) bisa jadi adalah orang-orang yang menyukai dan sudah bermain golf dan memiliki (membeli) peralatan golf.

Lalu bagaimana caranya kita menvalidasi asumsi kita tersebut? Kita akan menggunakan Super Precise Interest. Super Precise Interest sangat bagus digunakan untuk mengetahui apakah niche yang kita pilih memiliki target audience yang “hot” atau dengan kata lain yang benar-benar siap untuk membeli. Caranya dengan menambah interest yang kira-kira hanya diketahui oleh audience yang benar-benar bermain golf. Kali ini saya akan tambahkan pemain golf internasional yang sangat terkenal yaitu : Tiger Woods dan berikut hasilnya.

Image-III-3-Rahasia-Sukses-di-Facebook-Ads-1
SUPER PRECISE INTEREST

Setelah menambahkan Tiger Woods, angka audience turun drastis menjadi hanya 45-50 Ribu saja, hal ini menunjukan bahwa interest golf yang awalnya 2.5-3 Juta tadi hanya orang-orang yang mungkin menyukai golf dari menonton saja. Sementara kemungkinan yang bermain hanya 45-50 Ribu orang dan sesuai dugaan saya di awal dari usia kelompok di atas 35 tahun naik menjadi 42%.

Jika seperti ini maka niche golf kurang cocok diiklankan melalui Facebook di Indonesia, jika setelah menggunakan Super Precise Interest dan jumlah audience di atas 1 juta maka target audience tersebut bisa Anda gunakan untuk mulai beriklan di Facebook.

Demikian rahasia pertama dari 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads, kita akan lanjut ke rahasia berikutnya.

Baca juga:

3 Rahasia Sukses di Facebook Ads : Gunakan Creative Iklan yang Baik

Setelah menemukan target audience yang rahasia berikutnya adalah menggunakan creative iklan yang baik. Sebuah iklan bisa dibilang baik jika memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Menarik Perhatian

Karena kita beriklan di Facebook maka creative yang kita gunakan haruslah menarik perhatian. Pengguna Facebook atau Instagram membuka aplikasi tidak untuk melihat iklan, tapi untuk melihat posting dari teman-teman mereka ataupun mereka sendiri yang ingin posting sesuatu. Creative yang menarik perhatian akan membuat orang tertarik melihat iklan kita.

Image IV - 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads

Contoh seperti di atas, jika Anda menyukai Anjing iklan mana yang akan menarik perhatian Anda. Tentu saja yang sebelah kiri bukan? Anda harus melakukan testing creative mana yang lebih di-klik oleh audience Anda. Pada performa dashboard di Facebook Ads Manager Anda bisa lihat di indikator Click Through Rate (CTR), sebuah creative iklan yang baik memiliki CTR minimal 3%.

  • Jelas menawarkan produk apa, benefit yang ditawarkan dan Call To Action (CTA)

Selain menarik perhatian creative yang kita pasang di iklan Facebook harus jelas menawarkan produk apa. Jangan hanya menarik perhatian tapi audience kita tidak mengerti apa isi dari iklan tersebut. Selanjutnya jika kita memiliki penawaran seperti gratis ongkir atau beli 1 gratis 1 dan sebagainya cantumkan juga agar orang tertarik. Dan terakhir harus ada CTA yang jelas, jika audience tertarik dia harus lakukan apa? Chat ke WA atau masuk ke website dan sebagainya.

Image V - 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads

Kita ambil contoh yang sama, dari iklan di atas kita bisa mengetahui toko tersebut mengiklankan sikat gigi untuk Anjing, dengan manfaat yang ditawarkan adalah dengan menggunakan sikat gigi tersebut menyikat gigi Anjing akan lebih mudah karena mereka menggangapnya sebagai sebuah mainan.

Dalam iklan tersebut toko juga menawarkan gratis ongkir ke seluruh dunia dan toko tersebut juga memberikan alamat website mereka bagi yang mau melakukan pembelian. Jadi cukup jelas ya rahasia kedua dari 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads adalah menggunakan creative iklan yang baik, dimana sebuah creative iklan bisa dibilang baik jika memenuhi 3 komponen yang saya sebutkan tadi.

Baca juga:

3 Rahasia Sukses di Facebook Ads : Miliki Funnel yang Tepat untuk Produk atau Jasa Anda

Rahasia yang ketiga adalah Anda harus memiliki Funnel yang tepat dan sesuai dengan niche dan audience Anda. Contoh: Jika Anda menjual barang umum (bahan kebutuhan pokok, fashion, peralatan rumah tangga, dsb) dan cenderung tidak mahal maka Anda tidak memerlukan funnel yang rumit.

Cukup berikan penawaran yang menarik seperti gratis ongkir atau beli 2 dapat 1 dan sebagainya. Proses pembelian juga cukup arahkan ke website untuk pembelian langsung atau bisa menggunakan form order.

Lain halnya jika Anda mencari reseller atau menjual e-course dengan harga yang cukup mahal. Maka Anda memerlukan funnel yang cukup panjang. Mulai dari tawarkan dulu e-book gratis dengan mengharuskan mereka memasukan nama, alamat email dan nomor whatsapp. Selanjutnya Anda bisa mulai meng-edukasi mereka dengan memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda Jual. Sesekali Anda bisa tawarkan penawaran special agar mereka membeli produk atau jasa Anda.

Demikian artikel kali ini, 3 Rahasia Sukses di Facebook Ads semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk tinggalkan komentar atau contact kami jika ada pertanyaan lebih lanjut.