fbpx

CARA PASANG IKLAN DI GOOGLE DENGAN MUDAH

Cara membuat iklan di google

Bagi pelaku bisnis UMKM tentunya menginginkan agar usaha yang mereka lakukan segera diketahui banyak orang. Berbeda dengan kondisi puluhan tahun lalu, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha yang kita miliki secara digital. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan beriklan di Facebook, Instagram atau di Google. Pada artikel ini kita akan membahas cara pasang iklan di google dengan mudah.

MENGAPA HARUS PASANG IKLAN DI GOOGLE ADS?

Jika kamu adalah pelaku bisnis pasti sudah pernah mendengar mengenai customer funnel, sebuah tahapan apakah calon pembeli sudah siap melakukan pembelian suatu produk atau belum.

CARA PASANG IKLAN DI GOOGLE DENGAN MUDAH Belajar Bisnis Online

Berbeda dengan Facebook atau Instagram dimana calon  pembeli melihat sebuah iklan berdasarkan minat atau demografis pengguna yang mereka masukan. Pada saat melihat iklan mereka tidak berada di dalam suatu kondisi untuk membeli suatu produk atau jasa. Jika kita kembali pada customer funnel maka tahapan mereka berada pada level teratas yaitu “awareness”.

Sedangkan pada Google Ads iklan akan muncul jika calon pembeli memasukan kata kunci pada pencarian google sehingga posisi mereka di funnel sudah bukan di level awareness lagi melainkan di level selanjutnya tergantung pada kata kunci yang mereka masukan. Contoh : seseorang yang memasukan kata kunci “jual Samsung S9+ second murah” adalah orang yang sudah lebih siap membeli dibandingkan seseorang yang memasukan kata kunci “samsung s9+ second”.

Pengertian ini penting Anda ketahui sebelumnya memulai sebuah campaign di Google Ads. Anda yang memiliki sebuah perencanaan tipe orang seperti apa yang akan anda target.

CONTOH DARI GOOGLE ADS

Cara pasang iklan di Google Dengan Mudah - IMAGE III

Dari contoh di atas ketika saya memasukan kata kunci “tiket jogja” pada pencarian google maka akan akan muncul hasil pencarian. Iklan Google dapat ditemukan di hasil pencarian teratas dan memiliki tanda kotak kecil bertuliskan “ad”. Pada contoh kasus ini yang memasang iklan adalah tiket.com, traveloka.com dan pegipegi.com. Urutan berdasarkan lelang kata kunci “tiket jogja” dalam kasus ini tiket.com menawarkan harga lelang tertinggi sehingga berada pada urutan paling atas.

Headline adalah judul dari iklan Anda, setelah headline maka aka nada deskripsi mengenai iklan Anda. Sitelink Extension adalah sesuatu yang Anda bisa tambahkan sebagai informasi lain yang bisa diketahui calon pembeli Anda seperti misalnya: testimoni customer, nomor contact dari usaha Anda, dan sebagainya.

BENTUK DARI GOOGLE ADS

Google Ads terdiri dari dua bentuk yaitu google search dan google display. Google search adalah iklan yang muncul jika seseorang memasukan kata kunci pada pencarian google seperti yang saya contohkan di atas. Bentuk yang kedua adalah Google Display, iklan ini berbentuk gambar atau video sama hal nya seperti  Facebook atau Instagram Ads. Iklan ini akan muncul di website yang sudah menjadi rekanan google untuk menanyangkan iklan atau muncul di Youtube.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara khusus untuk cara pasang iklan di google untuk google search.

5 LANGKAH CARA PASANG IKLAN DI GOOGLE DENGAN MUDAH

  1. Tentunya Anda harus memiliki alamat email di Google. Registrasi di Google Adwords, bagi yang pertama kali memasang iklan maka akan mendapatkan kredit sebesar Rp 450 Ribu.
  2. Riset kata kunci yang akan digunakan. Anda harus memiliki kata kunci untuk memasang iklan di Google, bayangkan jika Anda pembeli kira-kira kata kunci apa yang akan Anda masukan ke dalam Google untuk membeli sesuatu. Jika masih bingung Anda bisa memanfaatkan tools seperti Google Keyword Planner ataupu Ubersuggest.org atau Keywordtool.io.
  3. Tentukan Landing Page dari iklan google yang Anda jalankan. Ketika seseorang mengklik iklan Anda kemana mereka akan diarahkan, apakah ke website Anda atau langsung ke Whatsapp untuk chat dengan customer service?
  4. Tulis Iklan Anda. Buatlah Judul iklan semenarik mungkin sehingga seseorang akan tertarik untuk melihat iklan Anda. Deskripsi juga harus singkat dan jelas, seseorang harus tahu apa yang Anda tawarkan ketika membaca deskripsi tersebut.
  5. Tentukan Anggaran Iklan Anda. Anda dapat menentukan anggaran secara harian, namun Google Ads akan menghitung anggaran tersebut dalam satu bulan. Contoh: jika Anda menganggarkan Rp 100 Rb/hari maka Google akan menentukan limit Rp 3 jt/bulan, per harinya mungkin akan ada biaya iklan yang melebihi Rp 100 Rb namun dalam satu bulan tidak akan melebihi Rp 3 Jt.

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai cara memasang iklan di google dengan mudah. Jangan lupa subscribe newsletter atau Youtube channel saya untuk informasi lebih lanjut mengenai hal-hal di dunia digital marketing. Jika Anda membutuhkan informasi yang lebih detail mengenai cara pasang iklan di google dengan mudah, artikel kami lainnya mungkin dapat membantu Anda KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *