fbpx

Arti Dropship dan Cara Memulainya

Dropship Artinya Image

Dropship artinya sistem yang memungkinkan Anda sebagai penjual tidak harus memiliki barang terlebih dahulu. Dengan berkembangkan dunia Online dan berjamurnya marketplace di Indonesia, sistem Dropship menjadi pilihan utama untuk pelaku bisnis online. Karena tidak memerlukan modal di awal maka siapapun cocok untuk memulai bisnis dropship ini contoh : Ibu Rumah Tangga, Mahasiwa, Pekerja Kantoran, maupun pebisnis online.

Ada 3 hal penting yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis online dengan sistem Dropship

TENTUKAN NICHE ANDA

Dropship Artinya Image

Mulailah dari sesuatu yang Anda sukai atau mengerti karena ini akan membantu Anda apabila ada pertanyaan dari calon customer nantinya. Ide untuk menentukan niche bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain ;

  1. Melihat dari Top Selling Item / Hot Item dari marketplace besar contoh : Tokopedia atau Shopee. Anda klik disini untuk melihat barang yang sedang trend dan laku di Tokopedia atau klik disini untuk melihat barang yang sedang laku di Shopee.
  2. Pilihlah minimal 5 kategori dari ide-ide yang muncul setelah melihat barang-barang yang laku di Tokopedia atau Shopee.

Arti Dropship dan Cara Memulainya Belajar Bisnis Online

VALIDASI PILIHAN NICHE ANDA

Setelah mendapatkan minimal 5 ide kategori yang sesuai dengan minat Anda, ide tersebut perlu kita validasi trend di market yang akan kita tuju. Karena dalam artikel ini market yang kita tuju adalah Indonesia. Kita perlu melakukan validasi ini karena tentunya kita tidak mau menjual barang yang secara trend sedang turun. Cara validasi adalah dengan menggunakan Google Trend. Klik disini untuk menuju Google Trend.

Langkah-langkah menvalidasi niche adalah sebagai berikut :

  1. Ubah negara tujuan menjadi Indonesia
  2. Masukan barang yang akan dijual (dalam kasus ini adalah jaket gunung)
  3. Ubah trend menjadi 5 tahun terakhir

Setelah melihat trend dari 5 ide niche, pilihlah 1 niche terlebih dahulu agar dapat lebih fokus.

Arti Dropship dan Cara Memulainya Belajar Bisnis Online

MENCARI SUPPLIER

Setelah mendapatkan satu niche maka langkah selanjutnya adalah mencari supplier. Cara paling mudah mencari supplier adalah di Marketplace (Tokopedia atau Shopee). Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Ketik niche/produk yang akan dijual
  2. Filter berdasarkan rating 4 bintang ke atas
  3. Filter Power merchant (tokopedia), Star Seller (Shopee)
  4. Filter Lokasi berdasarkan tempat tinggal Anda.
  5. Urutan berdasarkan yang paling banyak terjual

Setelah melakukan filter maka Anda akan mendapatkan produk dan nama supplier, dari situ Anda kumpulkan beberapa supplier (minimal 5) dan mulai contact para supplier tersebut.

Berikut adalah hal-hal yang perlu ditanyakan kepada supplier :

  1. Tanya apakah supplier menerima Dropship
  2. Tanya jenis pengiriman yang supplier sediakan
  3. Tanya mekanisme apabila terjadi refund
  4. Tanya apakah bisa melakukan transaksi di luar marketplace
  5. Minta ijin untuk mengambil gambar produk

Dari pertanyaan tersebut Anda dapat menilai apakah seller ini cocok dijadikan supplier Anda atau tidak. Anda bisa menilai dari beberapa hal sebagai berikut : kecepatan seller membalas chat, ramah atau tidak seller dalam menjelaskan, dan sebagainya.

BUAT AKUN DI MARKETPLACE

Setelah Anda memiliki 1 supplier maka langkah-langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah:

  1. Buka akun di marketplace yang Anda ingin berjualan. TIPS : Jangan berjualan di marketplace yang sama dengan supplier Anda
  2. Ambil gambar dari supplier
  3. Bingkai atau perbagus gambar dari supplier.
  4. Benchmark harga dengan pesaing sehingga Anda dapat menentukan margin yang tepat.
  5. Cari keyword yang sesuai dan masukan dalam deskripsi produk Anda

Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu pesanan Anda tiba 😊. Lakukan review secara berkala, apabila ada produk yang tidak terjual maka jangan ragu-ragu untuk mengganti produk tersebut dengan produk yang lain.

Kalian juga bisa baca artikel “Cara berjualan di Tokopedia sebagai Dropshipper”, jika kalian serius ingin memulai bisnis online sebagai dropshipper. Di artikel tersebut saya menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan secara lebih detail.