fbpx

10 Cara Jualan di Instagram agar Laris bagi Pemula

10 Cara Jualan di Instagram Featured Image

Artikel 10 cara jualan di Instagram ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai bisnis online atau kamu yang sudah lelah berjualan di Marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya). Apapun alasan kamu, ide untuk memulai bisnis di Instagram sudah tepat. Berdasarkan sebuah artikel tekno.kompas.com jumlah pengguna Instagram pada November 2019 sebanyak 61 juta orang atau sebesar 22.6% dari penduduk Indonesia. Kamu bisa bayangkan sendiri kan hampir seperempat dari penduduk Indonesia adalah pengguna Instagram dan sebanyak itu potensi market yang bisa kamu target.

Baca juga: Cara jualan di Tokopedia sebagai Dropshipper.

Saya yakin ke depannya jumlah pengguna Instagram akan semakin bertambah namun selain jumlah pengguna, jumlah orang yang memulai bisnisnya di Instagram juga akan semakin banyak atau dengan kata lain persaingan akan semakin ketat. Ok, langsung saja akan saya share langkah-langkah penting untuk memulai bisnis online kamu di Instagram.

10 Cara Jualan di Instagram agar Laris bagi Pemula

BRANDING TOKO KAMU

Branding sangat penting dan banyak dilupakan oleh pemula, membangun branding memang tidak mudah dan memerlukan waktu yang lama. Tidak melakukannya berarti Anda tidak serius untuk melakukan ini dalam jangka panjang. Ada dua langkah yang bisa dilakukan terkait branding.

CARA I : Buat akun baru sesuai dengan niche/produk yang akan kamu jual. Sebaiknya jangan campur akun Instagram pribadi dengan akun Instagram untuk bisnis online. Pilihlah nama brand yang bagus dan berkaitan dengan produk atau jasa yang akan kamu jual.

Jika kamu masih bingung menemukan produk atau jasa yang kira-kira akan laku dijual. Kamu bisa baca artikel yang pernah kami tulis sebelumnya.

Baca juga: Cara mencari produk yang sedang trend

CARA II : Ubahlah akun tersebut menjadi akun Instagram Bisnis, karena akun bisnis memiliki banyak fitur yang akan membantu kamu melakukan peninjauan atas posting yang akan kamu lakukan dan sumber traffic yang datang ke Instagram kamu.

Desain Toko Instagram Semenarik Mungkin

Cara Jualan di Instagram Image I

Faktor ini sangat penting, pasti kamu mau donk pengunjung yang datang ke toko kamu di Instagram betah karena post dan story yang menarik serta navigasi yang mudah. J

CARA III : Desain post di feed dan story. ika kamu memiliki bakat photography atau memiliki keluarga atau teman yang punya bakal tersebut tentu hal ini sangat mudah. Namun jika tidak jangan patah semangat dulu ya. Kami merekomendasikan sebuah tools yang bernama Canva. Dengan tools ini akan sangat membantu kamu dalam desain toko Instagram.

Seperti yang kamu bisa lihat di bawah ini, Canva menyediakan berbagai template Instagram Feed Post, Story dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan tools ini secara gratis, opsi berbayar akan memberikan lebih banyak photo dan element yang bisa digunakan.

10 Cara Jualan di Instagram Image Canva

Kamu bisa memilih dan mengedit dari template yang sudah disediakan, jadi menghemat waktu agar kamu tidak memikirkan template yang akan digunakan dari awal.

CARA IV : Manfaatkan IG Profile untuk memuat informasi mengenai toko kamu dan buat navigasi yang memudahkan pembeli untuk menghubungi toko kamu. Jika kamu melakukan hal tersebut maka toko Instagram Kamu akan terlihat lebih profesional. Kamu bisa melihat contohnya di bawah ini:

10 Cara Jualan di Instagram FC Contoh
INSTAGRAM FINE COUNSEL

Kita lihat toko Instagram di atas memanfaatkan IG Bio/Profile dengan menuliskan tagline dari brand mereka, selain itu mereka juga menampilkan contact customer service mereka melalui whatsapp dan alamat website serta alamat Instagram yang lain untuk melihat katalog produk. Sedangkan pada bagian Highlight Stories mereka menampilkan produk yang sedang dijual, katalog produk, testimoni dan review, panduan ukuran sepatu dan sebagainya.

Saya menyarankan untuk toko Instagram baru kalian memasukan poin-poin ini pada IG Profile dan Highlight Stories. Pada IG Profile: Tagline toko kamu, nomor Whatsapp. Pada Highlight Stories: Cara Order, Testimoni (jika sudah ada), FAQ (tanya jawab). Dengan membuat hal tersebut toko kalian akan terlihat lebih profesional sehingga pengunjung akan lebih percaya dan tertarik untuk membeli produk dari toko Instagram kalian.

Copywriting pada posting Instagram

Ok kita lanjut dengan cara kelima dari 10 cara jualan di instagram agar laris bagi pemula. Cara-cara berikutnya akan membahas mengenai mengembangkan jumlah followers di toko Instagram kita.

CARA V : Gunakan hashtag yang tepat. Hashtag yang tepat dapat membantu kamu mendatangkan followers yang tertarget. Cara menggunakan hashtag yang tepat sangat mudah, kamu bisa memanfaatkan hashtag yang disarankan pada kolom pencarian di Instagram. Masukan kata kunci #niche/produkkamu seperti di bawah ini:

10 Cara Jualan di Instagram Hashtag IG

Pilih 5-8 hashtag di setiap post kamu, usahakan menggunakan #hashtag yang berbeda pada setiap post. Review setiap post yang menggunakan hashtag berbeda, hasil ini bisa kamu liat menu insights pada Instagram Bisnis kamu.

Langkah selanjutnya dari cara jualan di Instagram adalah melakukan teknik soft selling.

CARA VI : Lakukan teknik Soft Selling atau Copywriting pada caption post. Pada dasarnya seorang manusia tidak suka ditawarkan sesuatu secara terus-terusan. Hal ini perlu kamu pertimbangkan dalam menuliskan caption pada post.

Followers kamu tidak akan tertarik jika di dalam caption kamu selalu menuliskan tentang harga, spesifikasi produk, atau cara order. Timbulkan emosi dari pembaca dengan teknik Copywriting. Contoh misalnya saya menjual kasur tidur.

Tanpa Copywriting [Hard Selling] :

“Kasur Tidur Pasti Nyenyak! Pakai kasur ini dijamin tidur langsung nyenyak. Bahan nyaman, bisa menyesuaikan bentuk tubuh. Harga promosi khusus pembeli di minggu ini, pesan sekarang hubungi 0811-123-4567”

Dengan Copywriting [Soft Selling]:

“Paling males ga sih kalo tidur tidak nyenyak karena kasur kurang nyaman, bangun pagi jadi males. Belum lagi harus masuk kantor, bawaannya seharian BT!! Jadi ga efektif deh kerjanya. Padahal tidur nyenyak itu membantu meningkatkan mood loh, badan fresh pikiran pun jadi lebih cemerlang dan kerja jadi lebih efektif.”

“Coba deh kamu lihat Kasur Tidur Pasti Nyenyak ini, dibuat dari bahan yang nyaman dan menyesuaikan bentuk tubuh kamu dijamin pasti tidur lebih nyenyak. Ada potongan harga loh buat pembeli di minggu ini, boleh tanya dulu lebih lanjut di 0811-456-789”

Nah jika kamu posisikan sebagai pembeli kamu lebih tertarik yang mana? Pasti yang kedua kan.

CARA VII : Konsisten dalam melakukan Posting

Posting konten (feed atau story) secara konsisten (1-3 konten setiap hari). Konten yang di post tidak harus selalu mengenai produk atau jasa yang akan kamu jual. Post juga bisa mengenai topik yang sedang viral saat ini. Contoh: saat ini sedang viral mengenai virus korona, kamu bisa sesekali posting mengenai cara pencegahan virus korona.

Hal ini adalah salah satu hal yang sulit dilakukan, banyak bisnis online pemula yang menyerah karena posting yang mereka lakukan tidak mendatangkan pengunjung. Konsisten posting adalah faktor yang sangat penting dalam membangun bisnis di Instagram. Lakukan review terhadapt setiap post, perbanyak konten yang memiliki reach luas.

Bangun Audiences/Followers Tertarget

Kita masuk ke bagian terakhir di 10 cara jualan di Instagram, pada bagian ini kita akan fokus dalam membangun brand awareness dan audiences/followers tertarget di Instagram kita. Followers tertarget adalah komponen terpenting di Instagram, lebih baik memiliki jumlah followers sedikit namun sesuai target market dibandingkan memiliki banyak followers namun tidak tertarget.

Karena pada akhirnya yang terpenting adalah jumlah penjualan bukan jumlah followers. Bagian ini sangat penting dikuasai apabila kita ingin sukses jualan di Instagram.

CARA VIII : Mengadakan Promosi Giveaway

Secara berkala (mingguan,bulanan) kamu bisa mengadakan promosi dengan memberikan produk atau jasa yang kamu tawarkan secara gratis. Manusia pada umumnya menyukai hal yang bersifat gratis. Manfaatkan hal ini untuk meningkatkan jumlah followers atau interaksi pada postingan di Instagram Kamu.

Kamu bisa memberikan syarat seperti comment di postingan giveaway kamu dan harus tag 3 teman mereka atau postingan giveaway adalah pertanyaan dan syarat memenangkannya adalah dengan menjawab pertanyaan dengan benar.

Dengan cara tersebut kamu bisa meningkatkan jumlah followers dan interaksi di postingan Instagram kamu.

CARA IX : Promosi dengan menggunakan Influencer

Tidak dapat dipungkiri faktor Influencer sangat penting di Instagram. Namun jangan sampai salah memilih Influencer untuk memasarkan produk atau jasa kamu. Pilihlah Influencer yang memang sesuai dengan target audiences produk atau jasa kamu.

Jangan memilih influencer gado-gado (semua produk atau jasa diterima), karena jenis influencer seperti ini biasanya memiliki jumlah followers yang banyak namun tidak tertarget. Seringkali, tidak menghasilkan penjualan atau sedikit menambah jumlah followers.

Terakhir pada cara jualan di Instagram adalah dengan melakukan promosi berbayar di Instagram Ads.

Cara X : Promosi di Instagram Ads

Lakukan promosi di Instagram Ads, dengan melakukan promosi di Instagram Ads (atau lebih dikenal Facebook Ads) kamu bisa memperkenalkan produk atau jasa kamu kepada orang-orang yang tepat. Promosi berbayar adalah metode yang sangat efektif dalam mendatangkan traffic.

Baca juga : Panduan Lengkap Membuat Facebook Ads

Demikian artikel 10 cara jualan di Instagram agar laris bagi pemula, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *