fbpx

Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper

Cara jualan di tokopedia sebagai dropshipper

Di artikel kali ini saya akan coba sharing mengenai cara jualan di Tokopedia sebagai Dropshipper. Sebelum kita mulai untuk kami yang masih bingung apa itu Dropshipper kamu bisa baca artikel “Arti Dropship dan cara untuk memulainya”

Saya akan sharing mengenai pengalaman saya sendiri berjualan di Tokopedia jadi tenang saja informasi yang diberikan di sini ga kalah kok dengan workshop atau e-book berbayar di luar sana. Saya berjualan di Tokopedia mulai dari November 2019, saya memiliki dua toko, satu untuk berjualan produk kesehatan, perawatan hewan dan travelling. Satu toko lagi untuk berjualan barang fashion.

Cara Jualan di tokopedia sebagai dropshipper image RSO
TOKO I – RESELLER ESSENZO OFFICIAL
Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper Belajar Bisnis Online
TOKO II – OJASUAVE

Meskipun toko baru namun sejak Nov 19 sampai Feb 20, 2 toko saya berhasil menjual kurang lebih 113 produk dengan rata-rata penjualan 1 produk per harinya. Menurut saya hasilnya cukup bagus dan mayoritas barang yang dijual menggunakan metode dropship (jadi tidak perlu mengeluarkan modal terlalu banyak).

Apakah persaingan di marketplace berat? Jujur sangat berat! Tapi jika kamu serius untuk membangun toko online kamu maka mau tidak mau kamu harus memulai berjualan di marketplace karena alasan ini;

  • Pengguna online di Indonesia akan semakin bertambah banyak dan tidak kan berkurang.
  • Edukasi untuk belanja online selalu dilakukan oleh marketplace besar (selalu liat iklan BTS Tokopedia di XXI kan? atau billboard Christiano Ronaldo di Shopee?), masyarakat Indonesia akan teredukasi untuk belanja secara online.

Jadi meskipun persaingan berat kamu jangan menyerah, yang terpenting adalah kamu melakukannya dengan langkah yang tepat! Di artikel ini saya akan sharing mengenai fondasi tersebut. Secara garis besar ada 5 langkah yang perlu dilakukan agar sukses berjualan di Tokopedia sebagai dropshipper yaitu;

  • Temukan produk/niche yang laku dijual
  • Temukan supplier yang terpercaya (dan menerima dropshipper tentunya)
  • Lakukan Benchmarking terhadap pesaing
  • Posting produk dengan menggunakan keyword yang tepat
  • Jika sudah ada budget lakukan promosi berbayar

Yuk kita bahas setiap langkah satu per-satu dengan lebih detail.

5 Langkah Jualan di Tokopedia sebagai Dropshipper

I. Temukan Produk/Niche yang laku dijual.

Langkah pertama yang sangat penting karena tidak ada gunanya menjual sesuatu yang kurang laku dijual bukan? Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan membuka website Tokopedia.

Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper Belajar Bisnis Online

Di Tokopedia sudah menyediakan informasi barang apa yang paling banyak dicari dan berapa banyak produk tersebut ada di tokopedia. Sebagai contoh produk “Tas Selempang Pria” adalah salah produk yang banyak dicari dan terdapat 420 Ribu produk, ini menandakan produk “Tas Selempang Pria” adalah produk yang laku dijual namun persaingannya juga sudah sangat ketat.

Cara kedua adalah dengan menggunakan Fitur Wawasan Pasar dari Power Merchant, untuk menjadi Power Merchant kamu harus mendaftar dan melakukan verifikasi terlebih dahulu (coba cari di google cara mendaftar menjadi Power Merchant di Tokopedia).

Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper Belajar Bisnis Online
FITUR WAWASAN PASAR DI POWER MERCHANT TOKOPEDIA

Fitur Wawasan Pasar di Power Merchant memberikan banyak sekali informasi mengenai produk-produk apa yang laku di Tokopedia.

Cara jualan di tokopedia sebagai Dropshipper Market Insight

Pilih kategori yang kamu inginkan, cara pertama kamu bisa kepo-in kompetitor yang sudah merajai di kategori tersebut. Lihat produk apa yang paling laku di toko tersebut dan lihat harga jual mereka.

Cara jualan di tokopedia sebagai Dropshipper Wawasan Pasar

Kedua lihat dari kata kunci pencarian di kategori yang kamu pilih kira-kira ada ga yang bisa kamu jual. Hindari kata kunci yang terlalu umum ya. Dalam kasus ini kategori saya adalah tas ransel pria, hindari kata kunci yang terlalu umum seperti tas ransel, tas, tas pria dsb.

Setelah kamu menemukan beberapa produk yang laku dan ingin kamu jual kamu harus melakukan validasi sob. Gimana caranya? dengan Google Trends.

Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper Google Trends

Gunakanlah google Trend untuk validasi, pastikan lokasi pencarian di Indonesia selama 12 bulan terakhit. Saya ambil contoh disini saya ingin berjualan tas kulit dengan tiga model yaitu selempang, pinggang dan ransel. Dapat dilihat dari jumlah pencarian Tas Selempang Kulit di posisi teratas namun sedang dalam trend penurunan, sedangkan tas ransel kulit dan tas pinggang kulit pencarian tidak sebesar tas selempang kulit namun dalam trend naik. Jika dilihat maka ketiga produk tersebut kurang baik dipasarkan maka saya harus mencari lagi.

Produk yang baik adalah produk yang melihat jumlah pencarian yang banyak dan sedang tidak dalam trend turun. Jangan khawatir dan terlalu lama menentukan produk yang akan dijual, karena ini dropship risiko finansial jika produk yang dipilih ternyata tidak sesuai harapan sangat kecil.

II. Temukan Supplier yang Terpercaya

Setelah kamu menentukan produk yang akan kamu jual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier. Karena kita akan berjualan di Tokopedia kita bisa mencari supplier di saingan mereka yaitu Shopee. Cara mencarinya sangat mudah, ketik nama produk yang sudah kamu tentukan. Lalu filter 3 hal ini: Lokasi (kota kamu tinggal), Star Seller dan Rating 4 bintang ke atas, ini adalah filter awal bahwa supplier dapat dipercaya.

Pastikan juga seller tidak berjualan di Tokopedia ya (cari nama toko mereka di Tokopedia), karena jika supplier juga berjualan di Tokopedia tentu saja kita tidak akan bisa berkompetisi.

PENTING!! Tanyakan apakah supplier menerima Dropship AWB(Resi) Cashless ini memudahkan kita dalam pengiriman nantinya. Coba chat supplier apakah mereka cepat dan ramah dalam membalas chat, males juga kan kita yang dikejar-kejar customer karena supplier lama membalas chat.

Selain dari marketplace cara kedua mencari supplier adalah melalui Facebook. Pada kolom pencarian di Facebook kami bisa masukan kata kunci seperti berikut “Reseller Dropship Nama Produk”

Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper Belajar Bisnis Online

Jika kamu sering melakukan pencarian ini di Facebook maka kamu akan terdeteksi menyukai produk yang kamu masukan. Tentu saja apabila ada supplier yang menjual produk tersebut dan memasang iklan di Facebook dan Instagram untuk mencari reseller atau dropshipper, kemungkinan besar kamu akan melihat iklan yang mereka pasang.

Apabila kamu sedang mencari supplier tas pria dan produk fashion saya bisa memberikan informasi supplier yang saya gunakan, whatsapp ke nomor 0852-1533-2913.

Selamat! kamu sudah melakukan 2 langkah utama cara jualan di Tokopedia sebagai dropshipper. Next kita akan lanjut ke langkah yang ketiga.

III. Lakukan benchmarking kepada pesaing

Hal ini yang paling sering tidak dilakukan oleh para dropshipper, mereka hanya melihat harga kompetitor lalu menjual barang dengan harga lebih murah.

Padahal banyak hal yang bisa kita lakukan agar kita lebih baik dari pesaing sehingga bisa menjual harga lebih mahal. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Menggunakan teknik Hypnowriting pada deskripsi produk, dimana teknik ini lebih mengutamakan emosi yang bisa dibangkitkan kepada calon pembeli agar tertarik membeli dari kita.
  • Upload gambar produk yang lebih menarik, kebanyakan para dropshipper hanya melakukan re-upload gambar dari supplier (banyak juga yang menggunakan jasa/tools scrape produk.
Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper Belajar Bisnis Online

Gambar di atas adalah sebuah contoh, bayangkan jika kamu seorang customer mana yang akan kamu pilih? Sudah jelas yang paling murah dan sudah ada ulasan! Coba jika kamu upload foto teman kamu yang ganteng atau cantik yang sedang memegang dompet tersebut dan harganya bersaing (tidak perlu yang paling murah) yakin deh pasti ada yang beli sob!

  • Gunakan promo atau voucher toko, mulai dari gratis ongkir jika membeli 2 barang atau nominal tertentu atau kamu juga bisa memberkan bonus e-book perawatan produk yang kamu jual.

Intinya kamu harus lebih baik dari pesaingmu, jangan selalu jual lebih murah! Ingat kita jualan untuk untung sob 🙂

IV. Posting Judul dan Deskripsi Produk dengan Keyword yang benar

Jangan asal-asal menggunakan keyword pada judul dan deskripsi. Dengan menggunakan keyword yang tepat akan membantu produk kita tampil lebih banyak di hasil pencarian Tokopedia maupun Google.

Keywordnya tahu dari mana? Coba lihat kembali langkah I, menemukan produk dengan menggunakan fitur Power Merchant Wawasan Pasar dari Tokopedia. Setiap kategori yang kamu pilih tokopedia menyediakan keyword yang sering digunakan.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan search bar yang ada di Tokopedia. Ketikan produk yang kamu akan post dan lihat saran kata kunci yang keluar, kata kunci tersebut banyak digunakan oleh user tokopedia untuk mencari produk tersebut.

Cara Jualan di Tokopedia Sebagai Dropshipper Belajar Bisnis Online

Dan jangan lupa kata kunci yang sering digunakan untuk mencari produk yang ingin kamu jual juga kamu gunakan sebagai hashtag # di akhir deskripsi.

V. Lakukan Promosi Berbayar

Untuk mempercepat penjualan produk di toko kamu maka lakukan promosi berbayar dengan menggunakan Topads, gunakan kata kunci yang kalian temukan dengan metode-metode yang sudah dijelaskan di atas.

Jika kamu belum memiliki budget untuk melakukan promosi, maka kamu bisa melakukan promosi link toko kalian di tokopedia melalui media social secara rutin.

Sekian sharing saya mengenai cara jualan di Tokopedia sebagai dropshipper, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian segera berjualan di Tokopedia ya. Jangan lupa bagikan artikel ini di social media kalian.

Kalian juga bisa subscribe email list kami (di sebelah kanan) untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar Digital Marketing dan Bisnis Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *