fbpx

Panduan Lengkap 2020 : Cara Membuat Iklan di Facebook

Feature Image Cara Membuat Iklan di Facebook

Artikel kali ini akan memberikan panduan langkah demi langkah cara membuat iklan di Facebook. Panduan ini sudah mengikuti perkembangan dari Facebook Ads di tahun 2020. Jadi kalian tinggal ikuti saja langkah demi langkah jangan sampai ada yang terlewat.

Secara garis besar saya akan membahas tiga tahap. Tahap pertama adalah hal-hal yang perlu disiapkan untuk memasang iklan di Facebook, tahap kedua adalah instalasi pixel dan kegunaannya dan tahap ketiga penjelasan fitur-fitur yang ada di dalam Facebook Ads sendiri. Ok, mari kita mulai dari tahap pertama.

Persiapan Cara Membuat Iklan di Facebook

Untuk memasang iklan di Facebook kamu perlu memastikan beberapa hal berikut ini:

  • Memiliki akun pribadi di Facebook dan pastikan akun pribadi kamu tidak pernah diblokir sebelumnya karena pelanggaran. Jika akun pribadi kamu pernah diblokir maka kamu perlu akun pribadi milik keluarga atau teman untuk lanjut ke tahap berikutnya.
  • Selanjutnya kamu perlu membuat akun bisnis pada Facebook menggunakan akun pribadi kamu. Pada dasarnya pembuatan akun bisnis sama saja dengan pembuatan akun pribadi kamu. Jika kamu belum memiliki akun Facebook bisnis kamu dapat membuatnya di link business.facebook.com
  • Siapkan kartu kredit atau kartu debit untuk pembayaran. Pribadi saya menyarankan untuk menggunakan kartu kredit karena selain ada jarak waktu pembayaran kita pun bisa mendapatkan poin reward dari Bank penerbit kartu tersebut. Jika kalian tidak punya kartu kredit saya menyarankan menggunaan kartu debit Jenius dari Bank BTPN selain mudah pembukaannya, Jenius memiliki fitur untuk memberikan limit pada kartu debit kita.

Berikut adalah tampilan Facebook Business Manager, langkah pertama adalah menambahkan Ad Account. Pilih Accounts -> Ad accounts -> Add -> Create a new ad account. Jika kamu baru pertama kali membuat Facebook Business Manager maka kamu hanya akan boleh membuat satu Ad account, setelah memasang iklan sampai dengan budget tertentu (kurang lebih 250 USD) maka kamu bisa membuat Ad account yang lain.

Image I - Cara Membuat Iklan di Facebook

Setelah itu kamu akan diminta mengisi nama akun iklan, timezone, mata uang dan metode pembayaran yang akan digunakan.

Image II - Cara Membuat Iklan di Facebook

Setelah mengisi maka akun iklan facebook kamu sudah berhasil dibuat. Tahap pertama dari cara membuat iklan di Facebook sudah selesai.

Memasang Facebook Pixel di Website

Tahap yang kedua adalah memasang Facebook Pixel di website. Facebook Pixel sangatlah penting untuk performa iklan facebook yang akan kita jalankan. Facebook Pixel adalah sebuah kode yang ditanamkan di dalam website kita yang bertujuan mempelajari perilaku dari pengunjung website kita, kode ini nanti bisa digunakan untuk membuat iklan custom audience (retargeting) ataupun iklan look-alike audience (LAA). Oleh karena itu saya menyarankan teman-teman memiliki website sendiri karena sangat penting.

Baca juga : Cara membuat website sendiri.

Masih di halaman Facebook Business Settings, pilih menu Data Sources -> Pixels -> Add. Tampilan akan seperti ini.

Image III - Cara Membuat Iklan di Facebook

Masukan nama pixel dan website Kamu lalu klik continue, pilih setup pixel now lalu pilih partner integration. Pilih CMS website Kamu gunakan, berhubung saya menggunakan wordpress maka saya akan memiliki wordpress.

Image IV - Cara membuat Iklan di Facebook

Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang diberikan oleh Facebook sesuai dengan platform CMS yang kamu gunakan. Dari petunjuk berikut saya diminta untuk menginstall plugin dari facebook dan memasukan pixel id ke plugin tersebut.

Image V - Cara membuat iklan di Facebook

Setelah mengikuti panduan yang diberikan oleh Facebook, maka Facebook akan mengirimkan test traffic ke website kita, berikut adalah tampilan bahwa Facebook Pixel telah terinstall di website kita.

Image VI - Cara membuat iklan di Facebook

Setelah sukses memasang Facebook Pixel pada website kita maka kita akan masuk ke tahap ketiga dari cara membuat iklan di Facebook. Dari Business Settings masuk ke Ads Manager.

Baca juga : Fungsi Facebook Ads Manager

Image VII - Cara Membuat Iklan di Facebook

Kamu perlu mengerti struktur dari iklan di Facebook. Iklan di Facebook pasti terdiri dari Campaign, Ad Set dan Ad. Sebuah Campaign bisa memiliki beberapa Ad set dan sebuah Ad set dapat memiliki beberapa Ad.

Campaign menentukan tujuan dari sebuah iklan dibuat. Berikut beberapa tujuan yang ada di sebuah Campaign di Facebook

Image VIII - Cara Membuat Iklan di Facebook

Secara garis besar Objective/Tujuan dari sebuah Campaign di Facebook terbagi menjadi tiga yaitu Awareness, Consideration dan Conversion.

Awareness memiliki tujuan untuk memperkenalkan brand atau produk kita kepada pengguna di Facebook dan Instagram. Campaign Awareness ini lebih mengutamakan agar iklan kita banyak dilihat oleh pengguna Facebook dan Instagram namun belum ada tindakan atau action dari para pengguna tersebut.

Consideration memiliki tujuan agar para pengguna di Facebook dan Instagram melakukan tindakan atau action yang kita harapkan seperti:

  • Traffic : pengguna Facebook dan Instagram mengunjungi website kita.
  • Engagement : pengguna Facebook dan Instagram menyukai atau berkomentar post pada Facebook Page atau Instagram kita.
  • App Installs : pengguna Facebook dan Instagram menginstall aplikasi.
  • Video Views : pengguna Facebook dan Instagram melihat video pada iklan kita.
  • Lead Generation : pengguna Facebook dan Instagram memasukan data pada form biasanya nama, alamat email atau nomor telepon.
  • Messages : pengguna Facebook dan Instagram melakukan contact pada nomor kontak kita.

Kita bisa memilih berdasarkan tindakan yang kita inginkan, tipe objective ini cocok digunakan untuk produk atau jasa yang memang membutuhkan edukasi lebih banyak kepada calon customer seperti: e-course, workshop dan sebagainya.

Conversion memiliki tujuan agar pengguna Facebook dan Instagram yang melihat iklan kita melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan di website kita.

Pilihlah Objective yang kamu inginkan dan yang paling sesuai dengan kondisi bisnis kalian saat ini. Selanjutnya beri nama Campaign, Facebook juga akan menanyakan apakah Campaign Budget Optimization (CBO) mau diaktifkan atau tidak. CBO adalah sebuah fitur dari Facebook dimana algoritma Facebook akan mengoptimalkan alokasi budget kepada Ad Set yang perform, tergantung dari Kamu mau diaktifkan atau tidak. Saran saya di non-aktifkan dulu.

Selanjutnya kita akan masuk kepada pengaturan Ad Set, pada pengaturan Ad Set kita akan mengatur jenis event yang kita harapkan terjadi di website kita, audience yang akan kita target, placement atau tempat iklan kita akan ditampilkan, budget iklan.

Image IX - Cara Membuat Iklan di Facebook

Pilih destination dalam tutorial ini saya akan memilih website dan pilih jenis optimasi dalam tutorial ini saya memilih purchase. Abaikan warna merah karena pixel yang baru dibuat baru sehingga Facebook belum memiliki cukup data untuk melakukan optimasi.

Image X - Cara Membuat Iklan di Facebook

Di bagian Ad set Kamu bisa menentukan di lokasi mana iklan akan ditampilkan, umur pengguna dan jenis kelamin. Selain itu kamu juga bisa menambahkan interest/minta pada kolom detailed targeting. Dalam contoh tutorial ini saya menambahkan interest “Bisnis Online” karena saya ingin iklan saya dilihat oleh orang-orang yang tertarik melakukan Bisnis Online.

Pada kolom detailed targeting expansion saya sengapa tidak centang, karena saya ingin melakukan review terhadap interest yang saya pilih. Jika Kamu centang maka kamu akan memberikan fleksibilitas kepada Facebook untuk keluar dari interest yang sudah kamu pilih dan akan menyulitkan bagi kita untuk melakukan review nantinya.

Image XI - Cara membuat Iklan di Facebook

Selanjutnya untuk Placements, ini untuk mengatur dimana iklan akan ditampilkan. Saya biasanya memilih Automatic Placements dimana saya memberikan kebebasan kepada Facebook untuk menampilkan iklan saya. Kamu bisa memilih opsi Manual Placement jika Kamu ingin mengatur dimana iklan akan ditampilkan.

Budget & Schedule untuk mengatur besarnya budget iklan per hari dan kapan iklan akan ditampilkan dan kapan iklan akan berhenti tayang.

Tahap terakhir dalam cara membuat Iklan di Facebook adalah memasang creative yang sudah Kamu buat. Creative bisa berupa Single Image, Video atau Carousel. Bagi kamu yang memiliki toko online kamu juga bisa memanfaatkan fitur Dynamic Ads dari Facebook untuk memberikan fleksibilitas pada Facebook untuk menampilkan iklan dari semua produk yang ada di toko kamu.

Contoh di tutorial ini menggunakan single image dengan tujuan ke website saya.

Image XII - Cara Membuat Iklan di Facebook

Selanjutnya Kamu tinggal menunggu Facebook untuk review iklan kamu biasanya dalam waktu 2 x 24 jam. Sekian Panduan cara membuat iklan di Facebook, jika ada pertanyaan jangan ragu tinggalkan komentar atau pesan di halaman HUBUNGI KAMI. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *