fbpx

CARA MEMBUAT WEBSITE TOKO ONLINE

Cara membuat website toko online - image 1
Cara membuat website toko online - image 2

Cara membuat website toko online saat ini sangat mudah jika dibandingkan dengan 15 tahun yang lalu. Kita tidak perlu lagi menguasai skill coding seperti html, css, dan flash untuk membuat sebuah website. Sudah banyak platform yang memudahkan kita untuk membuat website toko online hanya dalam 30 menit saja. Ya betul hanya dalam 30 menit saja.

Memiliki website toko online sendiri sangat penting karena selain kita memiliki kontrol penuh, website toko online adalah sebuah aset yang kita miliki di dunia online. Belum lagi dengan bantuan Facebook Ads atau Google Ads kita dapat menjangkau jutaan calon pembeli di seluruh dunia. Bagi kamu yang masih berjualan hanya di marketplace cobalah untuk memulai membangun website sendiri.

PLATFORM WEBSITE TOKO ONLINE

Banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk membuat website toko online seperti Shopify, Woocommerce for WordPress, Magento, Prestashop, Wix, Weebly dan masih banyak lagi. Semua platform tersebut memiliki user interface yang sangat mudah digunakan.  Dari sekian banyak platform saya merekomendasikan menggunakan dua platform berikut ini yaitu Shopify dan Woocommerce for WordPress.

Bagi kalian yang awam sama sekali dalam pembuatan website saya sarankan menggunakan Shopify karena Shopify sangat mudah digunakan. Shopify menggunakan metode drag & drog dalam pembuatan website sehingga sangat memudahkan untuk pemula selain itu shopify terkoneksi dengan puluhan payment gateway.

Bagi yang sudah tidak asing dengan wordpress maka disarankan menggunakan Woocommerce karena dari sisi biaya tergolong lebih murah dibandingkan dengan Shopify.

PERBANDINGAN SHOPIFY VS WOOCOMMERCE

KRITERIA SHOPIFY WOOCOMMERCE
KEMUDAHAN PENGGUNAAN
Metode Drag & Drop sangat mudah digunakan.
Harus mengerti sedikit mengenai website development
HARGA
Mulai dari $29 USD per bulan
Sangat murah hanya perlu membayar biaya hosting $5.95 USD per bulan
BIAYA TRANSAKSI
2% per transaksi
2% per transaksi
INTEGRASI APLIKASI PIHAK KETIGA
Mudah dan sangat banyak developer untuk shopify
Mudah dan sama seperti Shopify banyak developer untuk WordPress
KECEPATAN WEBSITE
Sangat cepat
Sangat cepat

Dari tabel perbandingan di atas menurut saya kedua platform ini sangat baik digunakan untuk membuat website toko online. Kembali lagi pada pernyataan saya di atas, jika Anda awam sama sekali dengan pembuatan website maka sebaiknya menggunakan Shopify meskipun lebih mahal. Apabila Anda sudah pernah membuat website sebelumnya maka bisa menggunakan WordPress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *