fbpx

Cara mencari produk yang sedang trend

Cara mencari produk yang sedang trend dengan Shopee II

Kebanyakan pemula di bisnis online bingung dalam mencari barang yang akan dijual. Pada cara mencari produk yang sedang trend cukup mudah, tentu saja jika kita tahu caranya. Pada artikel saya sebelumnya saya sudah jelaskan cara mencari produk yang sedang trend dengan bantuan fitur wawasan pasar dari Tokopedia. Jika kamu belum membaca dan ingin mengetahui caranya kamu bisa baca di artikel ini.

Kali ini saya akan sharing cara mencari produk yang sedang trend dengan bantuan fitur dari Shopee. Untuk dapat mempraktekan cara ini kamu perlu daftar menjadi seller di Shopee dan melakukan verifikasi KTP, caranya cukup mudah kok kamu tinggal googling saja cara menjadi seller di Shopee.

Berikut adalah cara mencari produk yang sedang trend menggunakan Shopee

Sebelumnya kamu sudah harus memiliki ide produk apa yang akan kamu jual. Pikirkan 10 produk yang mau kamu jual secara online, tidak usah terlalu ribet mikirnya! Kita akan validasi ide-ide tersebut dengan menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Shopee ini sob! Ok, langsung saja kita mulai ya.

Cara mencari produk yang sedang trend

Masuk ke fitur iklanku di Shopee dan pilih buat Iklan kata kunci. Pilih “tambah rekomendasi kata pencarian”. Lalu masukan kata kunci (10 ide produk yang sudah kamu pikirkan sebelumnya). Dalam contoh kali ini saya ambil contoh “Gamis new born” karena sudah mau memasuki bulan ramadhan pasti yang mencari fashion muslim akan meningkat.

Cara mencari produk yang sedang trend

Bisa kita lihat hasil di bawah ini: Baju Gamis new born tidak memiliki banyak pencarian, yang memiliki hasil pencarian yang banyak adalah baju gamis anak dan baju new born. Baju gamis anak memiliki pencarian sebanyak 39Rb dengan harga rekomendasi per klik sebesar Rp301 sementara Baju New Born memiliki hasil pencarian sebanyak 10rb dengan harga rekomendasi Rp244.

Cara mencari produk yang sedang trend

Dari hasil tersebut kamu sudah bisa mendapatkan gambaran yang lebih detail. Apakah fokus menjual baju gamis anak atau masuk ke pasar yang lebih luas baju new born. Perlu diingat hasil pencarian yang banyak menunjukan demand yang besar namun tingkat persaingan yang cukup tinggi juga. Jadi kembali kepada persiapan kamu sebagai pengusaha mau masuk ke pasar yang mana.

Lakukan hal yang sama kepada ide-ide yang kamu pikirkan sebelumnya dengan cara yang sama, kamu akan lebih dapat gambaran yang menyeluruh. Luangkan waktu untuk melakukan analisa ini agar tidak melakukan pilihan masuk ke niche yang kurang tepat.

Sebagai saran pilih produk yang memiliki pencarian minimal di atas 1000 dengan harga rekomendasi di bawah Rp 500 untuk kamu yang baru ingin memulai berjualan Online. Pilih 3-5 ide terbaik yang lolos dari penyaringan tahap pertama ini.

Langkah selanjutnya adalah melakukan analisa proyeksi revenue dari ide yang telah lolos penyaringan pertama. Tujuannya untuk mengetahui berapa budget iklan yang akan dikeluarkan dan berapa modal yang diperlukan.

Proyeksi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan excel sederhana seperti di bawah ini:

Cara mencari produk yang sedang trend Belajar Bisnis Online
PROYEKSI REVENUE

Katakanlah dengan melakukan iklan di Shopee kita akan mengeluarkan budget sebesar Rp 11 Juta. Karena beberapa hal kita akan tingkat konversi 1%, asumsi karena baru mulai brand belum dikenal, banyak pesaing dsb. Namun kita melakukan 5 fondasi awal untuk berjualan sebagai Dropshipper. Yang belum tahu 5 fondasi tersebut baca disini.

Dengan konversi 1% kita dalam menjual 391 baju gamis anak dalam 1 bulan dengan harga jual 99Rb sehingga omzet yang kita dapat adalah sebesar Rp 38.7 Juta. Harga modal dari supplier sebesar Rp 50 Rb sehingga kita membutuhkan Rp 19,5 Juta ditambah dengan biaya iklan tadi maka total modal yang diperlukan Rp 31,32 Juta. Sehingga dalam bulan tersebut kita mendapatkan profit bersih sebesar Rp 7.3 Juta.

Cukup jelas bukan, dengan cara tersebut kamu bisa mengetahui cara mencari produk yang sedang trend dan membuat proyeksi keuntungan sehingga kamu bisa memulai bisnis online kamu segera. Jika masih ada pertanyaan jangan ragu menghubungi saya di whatsapp 0852-1533-2913. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *