fbpx

Panduan Cara mendapatkan Followers di Instagram 2020

Cara Mendapatkan Follower di Instagram - Featured Image

Artikel ini akan memberitahukan kamu fondasi yang benar cara mendapatkan followers di Instagram di tahun 2020. Jika kamu sedang mencari cara membangun bisnis kamu di Instagram, maka artikel ini cocok untuk kamu. Perlu saya beritahukan di awal bahwa membangun Brand atau Traffic di Instagram saat ini sudah 10x lebih sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun hal tersebut bukan hal yang mustahil, kamu perlu terus update dengan algoritma Instagram selalu berubah setiap saat.

Sebelum saya mulai kita lakukan checklist dulu ya, apakah hal-hal ini sudah kamu lakukan;

  • Follow Unfollow
  • Strategi 502 (Like, Comment, DM)
  • Posting Konsisten
  • Insightfull Content for Audience
  • Menggunakan Tools
  • Beli followers
  • Menggunakan Hashtag

Jika kamu sudah melakukan itu semua namun belum ada kemajuan untuk bisnis kamu kemungkinan yang terjadi ada tiga:

  • Kamu belum melakukan semuanya.
  • Kamu tidak melakukannya dengan benar.
  • Bisnis kamu sudah mati atau tidak cocok di Instagram

Baca artikel ini seterusnya agar kamu bisa tahu sebenarnya apa yang terjadi di Instagram kamu.

Cara Mendapatkan Followers di Instagram : Checklist

Kita akam membahas satu per-satu checklist yang sudah saya sampaikan tadi agar ke depannya kalian tahu apa yang harus tetap dilakukan dan apa yang perlu ditinggalkan.

Follow Unfollow

Bagi yang belum paham metode ini secara singkat adalah cara ini melakukan follow ke pengguna Instagram sesuai dengan target niche Kamu dengan harapan mereka akan menfollow balik. Bagi yang tidak menfollow balik maka kamu bisa unfollow mereka.

Bagi akun Instagram yang benar-benar memulai dari nol, cara ini bisa mendapatkan follower. Kamu cuma perlu melakukan follow unfollow ini sehari 4x (pagi,siang,sore,malam), batasi jumlah follow unfollow 20 user per sesi.

Namun….

Cara ini hanya akan mendapatkan follower yang iseng untuk follow balik, sangat kecil kemungkinan mereka untuk membeli produk kamu. Tapi tidak bisa dipungkiri untuk akun yang baru memulai memiliki sedikit follower akan membuat orang lebih tertarik follow dibandingkan akun yang tidak memiliki follower sama sekali.

Saya pribadi tidak menggunakan cara ini, karena repot dan kualitas follower yang didapatkan juga tidak terlalu baik. Kualitas yang saya maksud adalah seberapa besar kemungkinan mereka akan membeli produk atau jasa yang saya tawarkan.

Jika kamu tergabung di sebuah komunitas, kamu bisa follow sesama pebisnis di niche yang berhubungan dengan bisnis kamu. Cara ini lebih efektif dibandingkan follow unfollow dari kompetitor atau explore tag.

Strategi 502 (Like, Comment, DM)

Strategi 502 adalah strategi meninggalkan 2 engagement (like, comment) ke 50 akun sesuai niche atau hashtag yang kamu gunakan yang belum memiliki engagment yang banyak.

Komentar yang ditinggalkan juga harus berbobot ya jangan cuma satu atau dua kata. Strategi ini sangat efektif untuk mendapatkan followers dan juga Instagram akan menganggap akun kamu cukup interaktif di niche yang kamu pilih.

Strategi ini masih saya jalankan sampai sekarang dan masih efektif mendapatkan followers.

Cara mendapatkan followers di Instagram dengan metode ini juga direkomendasikan oleh Gary Vaynerchaux .

Posting Konsisten

Checklist yang ketiga ini harus kamu lakukan, posting konsisten merupakan cara mendapatkan followers di Instagram yang sangat efektif di tahun 2020 dan seterusnya.

Namun….

Jangan asal posting ya atau repost, buat konten yang benar-benar bermanfaat untuk target audience niche kamu. Jika Instagram kamu akun jualan jangan hanya posting produk terus, sekali-kali berikan tips seputar produk di niche kamu.

Cara Mendapatkan Followers di Instagram - Image I

Ini berkaitan dengan checklist selanjutnya “Insightful Content for your Audience”. Tidak bisa dipungkiri untuk membangun brand/traffic di Instagram kamu harus memiliki skill sebagai pembuat konten (content creator).

Seorang pembuat konten memiliki skill untuk bisa memberikan konten yang menarik buat pembacanya. Jika kamu merasa belum memiliki skill tersebut jangan khawatir semua butuh waktu dan latihan.

Secara garis besar untuk bisa menjadi pembuat konten yang baik, kamu harus mengetahui hal-hal berikut:

  • Apa yang menjadi pain point (masalah/kesulitan) audience di niche kamu.
  • Solusi untuk masalah tersebut.
  • Media yang paling disukai atau efektif untuk menyampaikan kedua hal tersebut.

Dengan terus berlatih dengan membuat konten secara rutin, saya yakin kamu pasti bisa menjadi pembuat konten yang baik.

Sampai disini Kamu sudah mengetahui cara mendapatkan followers di Instagram di tahun 2020. Kita akan bahas 2 checklist terakhir.

Menggunakan Tools dan Beli Followers

Saya akan membahas cara yang pertama terlebih dahulu yaitu menggunakan tools auto follow, unfollow, like, comment dan DM. Secara konsep tools akan membantu kamu melakukan follow unfollow dan strategi 502 secara otomatis dan menghemat waktu.

Namun….

Tools tidak bisa membedakan mana akun bodong atau tidak, akibatnya kebanyakan auto follow akun bodong maka Instagram akan mendeteksi akun kamu juga bodong sehingga kamu akan terkena Shadow Banned. Shadow banned adalah sebuah kondisi dimana post kamu tidak akan ditampilkan oleh Instagram (tidak akan masuk explore).

Selain itu auto like, comment dan DM juga terbatas. Tools tidak akan mampu memberikan komentar yang berbobot, kembali lagi akun Instagram kamu akan terlihat spam dan tidak berkualitas.

Cara yang kedua adalah beli followers, cara ini benar-benar tidak saya merekomendasikan karena kita tidak pernah tahu akun followers yang diberikan. Kebanyakan akun bodong dan tidak sesuai dengan niche kita, sehingga peluang kita terkena shadow banned akan sangat tinggi.

Dua hal tersebut bukan merupakan cara mendapatkan followers di Instagram yang baik di tahun 2020. Jangan dilakukan.

Menggunakan Hashtag

Hal ini yang saya paling rekomendasikan sebagai cara mendapatkan followers di Instagram yang efektif di tahun 2020. Strategi ini selain dapat menambah followers dari segi jumlah, juga bisa memastikan followers yang didapatkan lebih tertarget dan berpotensi melakukan pembelian ke depannya.

Cara menggunakan hashtag juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu mengidentifikasi hashtag apa saja yang sesuai dengan niche kamu. Setelah itu kamu lakukan perbandingan.

Jika akun IG kamu belum memiliki followers atau masih dibawah 1000 maka jangan menggunakan hashtag dengan jumlah post di atas 5000. Karena post kamu akan tenggelam, sesuaikan hashtag dengan jumlah followers akun kamu.

Sekian fondasi yang bisa saya berikan agar kamu yang baru memulai bisa membangun bisnis di Instagram dengan benar.

Baca juga:

Jika kalian merasa artikel cara mendapatkan followers di Instagram yang saya bagikan belum cukup, saya merekomendasikan kalian untuk ikut webinar dari pakar Instagram Niko Julius.

Beliau sudah berhasil menerapkan cara yang saya sampaikan di atas dan mendapatkan 50 Ribu followers hanya dalam 4 bulan. Bagi yang mau mendengar dari Niko Julius langsung kamu bisa klik link di bawah ini.

KLIK DISINI – WEBINAR GRATIS SHARING NIKO JULIUS MEMBANGUN INSTAGRAM ORGANIK

Sekian informasi yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.