fbpx

Panduan Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Feature Image - Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Di artikel kali ini saya akan memberikan panduan cara menjadi dropshipper di Shopee. Shopee dan Tokopedia telah menjadi dua marketplace terbesar saat ini di Indonesia. Keduanya pun saling bersaing untuk menjadi nomor satu, hanya dua marketplace ini yang konsisten memberikan promo seperti cashback ataupun free ongkir. Masyarakat Indonesia pun sudah semakin terbiasa berbelanja di Shopee ataupun Tokopedia, tentunya Kamu ga mau ketinggalan peluang ini bukan?

Tenang, meskipun kamu baru mulai bisnis online panduan ini saya buat khusus untuk pemula. Jika kamu mau memulai di Tokopedia saya juga sudah membuat panduan di artikel yang lain.

Baca juga : Cara Jualan di Tokopedia sebagai Dropshipper

Langkah I : Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Cari Produk yang akan dijual

Namanya juga berjualan pasti Kamu membutuhkan produk yang akan dijual. Buat Kamu yang masih bingung mau jualan apa, Kamu bisa tonton video yang saya buat untuk mencari produk yang sedang trend di bawah ini.

Lakukan langkah yang sudah berikan di video tersebut, lalu catat di excel sebanyak 5-10 ide produk. Tidak usah terlalu banyak namun jangan terlalu sedikit, karena langah berikutnya adalah kita akan mengvalidasi ide tersebut.

Tidak usah terburu-buru dalam mencari ide produk, faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih ide produk adalah tanyakan pada diri sendiri seberapa besar Kamu mengetahui atau menyukai produk tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan Kamu untuk membuat deskripsi yang menarik dan menjawab pertanyaan dari calon pembeli nantinya.

Langkah II : Validasi Ide Produk dengan Google Trends

Google Trends adalah salah satu tools yang sangat berguna untuk mengvalidasi ide produk yang sudah kita dapatkan sebelumnya. Tentunya kita tidak mau menjual sesuatu yang sedang berada dalam trend yang menurun.

Cara melakukan validasinya pun sangat mudah, masuk ke website Google Trends, ganti negara ke Indonesia lalu masukan ide produk yang sudah kamu kumpulkan. Berikut adalah contoh tampilan Google Trends:

Image I - Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Contoh di atas saya menggunakan keyword sepatu kulit pria, contoh di atas adalah produk yang memiliki trend menurun. Saya tidak merekomendasikan Kamu mulai berjualan produk ini, lakukan terhadap ide produk yang lain sampai kamu menemukan produk dengan trend meningkat.

Bagimana dengan produk di bawah ini?

Image II - Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Seperti yang kita ketahui dengan adanya wabah virus Corona atau Covid-19, demand masker dan hand sanitizer pun melonjak drastis, untuk jangka pendek berjualan dua produk tersebut mungkin bisa menghasilkan penjualan yang baik tapi untuk jangka panjang ketika wabah virus Corona sudah mereda maka permintaan pasti akan turun.

Boleh saja menjual produk-produk musiman seperti ini, seperti yang kita ketahui sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan maka pencarian akan busana muslim pun pasti akan naik, namun setelah lewat lebaran akan menurun dratis.

Ini adalah contoh produk yang bisa kamu pertimbangkan, grafik cenderung mengalami kenaikan di bulan ini dan meskipun ada kenaikan dan penurunan namun tidak pernah lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Menunjukan bahwa demand sabun penghilang jerawat selalu ada di market.

Image IV - Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Jika Kamu belum menemukan produk yang memiliki kenaikan trend jangan patah semangat ya, kamu bisa coba memulai dengan produk yang trendnya stabil. Kita akan lanjut dengan langkah selanjutnya di cara menjadi dropshipper di shopee yaitu mencari supplier yang terpercaya.

Langkah III : Cari Supplier yang Terpercaya

Supplier memegang peranan penting jika kita masih berjualan sebagai Dropshipper. Sebagai dropshipper kita tidak memegang stok dan mengirimkan barang, memiliki supplier yang profesional sangat penting agar kita tidak terkena keluhan dari pembeli nantinya.

Kamu dapat menemukan supplier dengan cara berikut:

  • Cari supplier di Marketplace lain (Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, dsb), namun kamu harus pastikan supplier kamu tidak berjualan juga di Shopee karena akan sangat sulit bersaing dengan supplier sendiri jika memang supplier berjualan juga di Shopee.
  • Menggunakan perusahaan penyedia jasa dropship (berbayar). Kamu bisa menjadi member beberapa perusahaan yang telah mengumpulkan supplier dalam satu wadah tertentu sehingga kamu tidak perlu cari supplier lagi. Namun biasanya kamu akan dikenakan biaya membership untuk bergabung. Contoh perusahaan seperti ini: bandros, dropship aja, sahabat dropshipper dan masih banyak lainnya.
  • Mencari dari kolom pencarian Facebook. Masuk ke Facebook dan ketikan “dropshipper + produk/niche yang akan kamu jual”, lalu cari group. Di sana kalian akan menemukan banyak group di Facebook yang mencari dropshipper.

Setelah Kamu mengumpulkan beberapa calon supplier langkah selanjutnya adalah menghubungi mereka dan lihat apakah mereka supplier yang bisa dipercaya dan diandalkan atau tidak.

Berikut adalah faktor-faktor yang harus dipenuhi supplier:

  • Pastikan mereka memang menerima Dropshipper. Supplier yang memang menerima Dropshipper tahu betul bahwa semakin banyak yang menjual produk mereka akan semakin menguntungkan buat mereka sendiri.
  • Kecepatan membalas pesan. Test kecepatan Supplier membalas pesan kamu, males kan jika ada pertanyaan dari calon pembeli mengenai stok tapi Supplier lama membalas.
  • Jika kamu mencari dari marketplace pastikan mereka adalah Top Seller dan sudah banyak menjual produk dan memiliki ulasan yang baik (bintang empat ke atas)

Ok, sekarang kita masuk ke langkah berikutnya di cara menjadi dropshipper di shopee.

Langkah IV : Posting Produk dengan Gambar Menarik dan Keyword yang Tepat

Menjadi Dropshipper adalah langkah paling mudah untuk memulai bisnis online karena tidak memerlukan modal. Namun kekurangannya adalah persaingan yang sangat banyak, sangat besar kemungkinan Dropshipper lain juga menjual barang yang sama dengan Kamu.

Jadi jangan malas! Jangan cuma ambil gambar dari Supplier dan upload ke Shoppe. Tambahkan sesuatu yang menjadi value dari toko kamu dan menarik perhatian pengunjung. Berikut contohnya:

Image V - Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Screenshot di atas menggunakan kata kunci tas selempang pria, mana kemungkinan yang akan di klik pertama kali oleh pengunjung? Bisa jadi yang sudah banyak terjual atau seller yang menampilan pesan “paling murah di shopee”. Berikut contoh lainnya:

Image VI - Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Contoh di atas menggunakan promosi “Beli 5 Gratis Kaos” atau menampilkan “Bisa COD” di gambar produk. Intinya kita harus sekreatif mungkin agar pengunjung klik pada posting kita.

Pada judul masukan kata kunci yang banyak dicari di niche Kamu, dan pada deskripsi masukan juga 8-10 hashtag (#). Cara mencari kata kunci yang banyak dicari bisa kamu dapatkan dari video di awal artikel ini menggunakan fitur iklan kata kunci Shopee atau di artikel di bawah ini.

Baca juga : Cara mencari produk yang sedang trend.

Langkah terakhir di cara menjadi dropshipper di shopee adalah melakukan promosi.

Langkah V : Lakukan Promosi

Meskipun ada jutaan pengunjung ke Shopee setiap harinya, produk yang sudah kamu posting tidak akan laku dengan sendirinya. Lakukan promosi link toko Shopee Kamu, jika Kamu belum ada budget Kamu bisa lakukan promosi di beberapa media sebagai berikut:

Jika memang sudah ada budget lakukan promosi berbayar di Shopee menggunakan Iklan kata kunci atau menggunakan Facebook dan Instagram Ads.

Memulai usaha sebagai Dropshipper sangat mudah, namun untuk meraih kesuksesan di sana butuh kerja keras dan konsisten. Jangan mudah menyerah jika menemui kesulitan. Semoga artikel cara menjadi dropshipper di shopee ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *