fbpx

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal Sukses dalam 3 Bulan

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Banyak pebisnis online sukses memulai perjalanannya sebagai Dropshipper. Dropshipper adalah pilihan favorit untuk pemula karena tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya bahkan bisa dilakukan tanpa memerlukan modal sama sekali. Di artikel kali ini saya akan sharing cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses dalam 3 bulan. Metode yang akan saya bagikan bukan sekedar mengambil artikel dari tempat lain ya, tapi sudah saya jalankan sendiri.

Kenapa 3 bulan? Karena tidak ada sesuatu yang baik diraih dengan mudah, 3 bulan bukan waktu yang tetap semua kembali lagi tergantung mindset dan konsitensi dari kalian masing-masing. Kesuksesan tidak bisa saya jamin, namun saya jamin dalam perjalanan membangun bisnis online kalian pasti akan menemukan kesulitan! Oleh karena itu mindset dan komitmen kalian sangat berperan sekali. Sebagus apapun ilmu dan pengetahuan yang kalian miliki akan percuma jika tidak memiliki mindset yang benar dan komitmen yang kuat.

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal Feature Image

Tentukan Jenis Toko yang akan Kamu Bangun

Menentukan jenis toko adalah langkah awal yang sangat penting. Terdapat 3 jenis toko yang perlu kamu ketahui yaitu: One Product Store, Niche Store dan General Store. Saya merekomendasikan untuk memulai dari Niche Store dan pastinya kalian harus memilih niche yang sudah kalian kuasai sehingga, kalian tidak menemui kesulitan untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli nantinya. Bagi kalian yang masih belum mengetahui perbedaan ketiga jenis toko tersebut, kalian bisa membaca di artikel saya di bawah ini.

Baca juga: 3 Jenis toko Dropshipper

Hal penting dalam cara menjadi dropshipper tanpa modal selanjutnya adalah menentukan produk yang ingin dijual. Kalian bisa mengetahui produk yang sedang laku atau trend dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Memanfaatkan fitur Wawasan Pasar dari Tokopedia.
  • Memanfaatkan fitur Iklanku dari Shopee.
  • Memanfaatkan kolom pencarian Facebook.
  • Menggunakan Tools Berbayar

Baca disini penjelasan detail cara poin-poin di atas

Di 3 artikel tersebut saya sudah menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mencari produk yang sedang laku. Jenis produk apa saja yang boleh kamu pilih dan jenis produk yang sebaiknya tidak dipilih. Pastikan kamu membaca dengan baik dan tidak melewati langkah tersebut. Pemilihan produk adalah hal yang sangat penting di cara menjadi dropshipper tanpa modal. Salah memilih produk akan membuat kamu harus memulai lagi dari awal.

Jika kamu sudah membaca artikel tersebut namun masih kurang jelas, kamu juga bisa melihat video tutorial di bawah ini:

Setelah kamu menemukan produk yang ingin kalian jual dan cocok dengan niche kamu tahap selanjutnya di cara menjadi dropshipper tanpa modal adalah menemukan supplier. Kamu bisa menemukan supplier dengan cara berikut:

  • Cari supplier dari Tokopedia atau Shopee.
  • Cari supplier dari group Facebook.
  • Cari supplier dari sebuah komunitas.

Setelah menemukan beberapa supplier validasi dengan menggunakan beberapa kriteria di bawah ini:

  • Jika kamu menemukan supplier tersebut dari Tokopedia atau Shopee pastikan mereka adalah Star Seller atau Power Merchant yang sudah memiliki penjualan yang cukup banyak (>1000 penjualan) dengan rating minimal 4.5.
  • Lebih baik supplier berada di dalam satu kota dengan tempat tinggal kalian. Jika terjadi sesuatu yang berakibat pada pengiriman kalian bisa mendatangi lokasi supplier kalian sendiri.
  • Coba chat customer dan liat respon supplier tersebut. Apakah dalam membalas chat cepat? Apakah mereka menerima dropshipper? Pilih supplier yang ramah, cepat dalam membalas pesanan dan memang menerima dropshipper.

Tahap selanjutnya di cara menjadi dropshipper tanpa modal adalah menentukan channel jualan kamu.

Pilih Channel Penjualan yang Kamu Kuasai

Karena kita belum memiliki modal maka kita harus memilih channel penjualan yang gratis. Beberapa channel penjualan yang gratis adalah:

  • Marketplace (Tokopedia, Shopee, Lazada). Saya hanya menyarankan tiga marketplace tersebut, jika kalian mendapatkan supplier dari Tokopedia atau Shopee dan memiliki toko di kedua marketplace tersebut maka saya sarankan kalian memulai dari Lazada. Jika kalian mendapatkan supplier dari Facebook maka kalian bisa coba di Tokopedia dan Shopee, namun persaingan di kedua marketplace ini sudah sangat ketat.
  • Facebook Marketplace. Kalian juga bisa berjualan di Facebook Marketplace, channel ini juga menjadi tempat berjualan yang sangat baik, namun kalian perlu memastikan bahwa kalian dapat mensupport jenis pembayaran di tempat (COD), karena tidak seperti marketplace yang lebih dipercaya, pembeli di Facebook Marketplace akan merasa lebih aman dengan metode COD.
  • Instagram, social media milik Facebook ini juga menjadi pilihan banyak orang yang ingin berjualan sebagai dropshipper. Selain karena jumlah pengguna yang banyak, Instagram juga memiliki banyak fitur yang membantu kamu untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga : 10 Cara Jualan di Instagram agar Laris bagi Pemula.

Pilih channel penjualan yang kamu kuasai, contoh jika kamu memilih Instagram otomatis kamu perlu memiliki skill editing agar dapat membuat feed kamu terlihat rapi, bagus dan menarik. Langkah selanjutnya di cara menjadi dropshipper tanpa modal adalah membuat teknik copywriting.

Gunakan Teknik Copywriting dalam Menawarkan Produk

Cara menjadi dropshipper tanpa modal Image III

Pada saat menulis deskripsi produk gunakanlah teknik copywriting. Copywriting adalah sebuah teknik penulisan yang digunakan agar pembaca merespon sesuai dengan yang kita inginkan. Dan pada akhirnya menimbulkan emosi dan membeli produk yang kita tawarkan.

Cara paling gampang untuk membangkitkan emosi adalah dengan memberikan manfaat dari produk atau akibat negatif yang bisa ditimbulkan jika manfaat tersebut hilang. Contoh: Katakanlah saya menjual bantal yang bisa menyesuaikan bentuk tulang si penggunannya sehingga dapat tidur lebih nyenyak. Manfaat yang akan didapatkan dari bantal tersebut adalah tidur nyenyak.

Seringkali Dropshipper pemula akan banyak menuliskan mengenai bahan yang membuat bantal tersebut dan penjelasan teknis mengapa bisa membuat kita tidur lebih nyenyak. Informasi tersebut diperlukan tapi tidak akan cukup untuk menjual karena tidak membangkitkan emosi dari calon pembeli.

Saya berikan contoh teknis copywriting yang bisa digunakan untuk produk bantal ini. Sesuai dengan penjelasan di atas saya menggunakan akibat negatif yang bisa ditimbulkan jika tidur tidak nyenyak.

“Mood jelek setiap bangun pagi, karena malam susah tidur?”

“Di kantor bawaannya jadi mau marah terus, kerja ga produktif, pulang kantor sudah lelah dan kadang sampai anggota keluarga kena imbasnya”

“Hei tahu ga, selain dapat mempengaruhi mood dan meningkatkan stress. Kurang tidur dapat memicu efek buruk pada kesehatan kamu dalam jangka panjang. Awas penyakit kritis mengintai kamu loh”

Disini kita mulai membangkitkan awareness atau emosi calon pembeli bahwa tidur tidak nyenyak itu banyak membawa efek yang buruk bagi kehidupan dia. Setelah itu baru kita lanjutkan dengan manfaat.

“Salah satu penyebab tidur tidak nyenyak adalah bantal yang kamu gunakan….dan seterusnya.

Langkah terakhir di cara menjadi dropshipper tanpa modal adalah melakukan promosi.

Tawarkan Produk Secara Aktif kepada Audience Tertarget

Produk yang sudah kamu upload dan copywriting yang sudah kamu buat tidak akan terjual dengan sendirinya. Kalian perlu melakukan promosi produk yang kalian jual, namun jangan melakukan promosi dengan sembarangan. Tawarkan produk ke audience tertarget, maksudnya adalah calon pembeli yang seperti apa yang akan membeli produk kamu.

Untuk dapat mengetahui hal tersebut erat kaitannya dengan seberapa paham kalian dengan niche yang dipilih. Pahami niche kalian dengan sangat baik maka kalian akan dengan mudah mengetahui dimana, bahasa dan angle marketing apa yang bisa digunakan untuk audience/calon pembeli kamu.

Jika sudah mengetahui hal tersebut kalian bisa melakukan promosi secara gratis melalui:

  • Status Whatsapp
  • Instagram pribadi (Status, Posting di Feed, IG Bio)
  • Facebook pribadi
  • Pemasaran secara offline

Jangan patah semangat lakukan hal ini terus menerus dan konsisten selama 3 bulan, jika sudah ada keuntungan cobalah untuk melakukan promosi berbayar.

Demikian artikel cara menjadi dropshipper tanpa modal ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *