fbpx

Dropship Adalah Metode Bisnis Online Paling Cocok Untuk Pemula

5 Cara Kerja Dari Rumah

Tentunya kita semua mengetahui bahwa pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sudah berkembang dengan sangat cepat. Menurut survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dilakukan pada Maret hingga 14 April 2019, ada sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 persen yang sudah terhubung ke internet.

Selain itu kebiasaan untuk belanja Online juga sudah mulai terjadi. Bisa dilihat dari berbagai marketplace yang menjamur di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.ID, Blibli, Lazada, Zalora, dan masih banyak lagi. Coba deh kamu pikirkan sayang banget ga kalo kamu ga ambil kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari marketplace ataupun berjualan online dengan website atau Instagram.

Dropship Adalah Metode Bisnis Online Paling Cocok Untuk Pemula

Atau mungkin kalian sudah kepikiran namun masih bingung, modalnya dari mana kak? Barangnya dari ambil dari mana? Nah di artikel ini kita akan membahas mengenai DROPSHIP, metode bisnis berjualan online yang paling mudah bagi pemula.

Dropship adalah salah satu metode dan sistem dimana penjual tidak perlu memiliki barang sendiri dalam melakukan penjualan. Apabila terjadi transaksi penjualan maka penjual baru akan menghubungi supplier dan melakukan transaksi. Setelah itu supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat pada diagram di bawah ini.

Dropship Adalah Metode Bisnis Online Paling Cocok Untuk Pemula Belajar Bisnis Online

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan DROPSHIP

Dropship bisa dilakukan di market Indonesia maupun di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan sebelum melakukan dropship antara lain ;

  1. Pilih Niche yang akan dijual, pemilihan niche akan sangat penting karena menentukan keberhasilan bisnis kamu. Pastikan niche yang Anda pilih adalah sesuatu yang Anda suka atau mengerti karena akan membantu dalam menjawab pertanyaan dari customer nantinya. Selain itu cek juga demand dari lokasi atau negara tempat Anda berjualan, tentunya Anda tidak mau menjual sesuatu yang sedang memiliki trend turun.
  2. Pastikan Anda menemukan supplier yang dapat dipercaya. Bisnis Dropship akan sangat tergantung dengan supplier karena proses pengiriman barang tergantung dari supplier. Anda bisa menilai supplier dari beberapa hal simple sebagai berikut: kecepatan dalam membalas chat, supplier ramah dalam memberikan jawaban, ulasan dari pembeli apabila supplier sudah berjualan di marketplace.
  3. Penentuan Harga Jual. Pastikan Anda melakukan benchmarking dengan pesaing sebelum menentukan harga jual Anda, tidak ada gunanya jika harga Anda tidak dapat bersaing.
  4. Sebisa mungkin buat gambar yang berbeda dengan Supplier. Hal yang paling sering ditemui adalah Dropshipper hanya mengambil gambar sama persis dengan supplier, buatlah gambar yang lebih baik dari supplier misalnya dengan menggunakan bingkai atau hiasan lainnya. Bisa juga Anda membeli produk tersebut terlebih dahulu dan foto sendiri.
  5. Buatlah Deskripsi yang baik dan menjual. Berikan informasi produk yang dapat mempengaruhi psikologis dari pembeli. Contoh : Jika Anda menjual Kasur janganlah terus memberikan deskripsi Kasur ini empuk, nyaman, lembut, dsb. Jual sesuatu yang dapat mempengaruhi psikologis pembeli contoh : dengan Kasur ini tidur Anda tiap malam akan selalu nyenyak.

Tentu saja Dropship memiliki kelebihan dan kekurangan. Tabel di bawah ini menunjukan kelebihan dan kekurangan dari Dropship.

Dropship Adalah Image 3

Dropship adalah awal yang baik untuk memulai bisnis online karena risiko yang tergolong kecil. Tujuan dari Dropship adalah untuk mengetahui barang apa yang laku di niche yang kamu pilih, setelah itu kamu bisa mulai stock ataupun membuat merk sendiri untuk tahap selanjutnya.

Ok, kamu bisa segera memulai bisnis online pertama kamu! Kunjungi blog atau youtube channel saya untuk mendapatkan tips mengenai bisnis online secara berkala.